5 Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan

kurang tidur

Tidur adalah sebuah aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sebab, dengan tidur tubuh kita dapat beristirahat dan juga mengeluarkan racun secara alami. Sehingga pada pagi hari, tubuh akan menjadi bugar karena rasa lelah dan racun di dalam tubuh hilang.

Setiap orang dianjurkan untuk tidur delapan jam sehari. Itu adalah waktu yang standar. Bahkan jika bisa, tidur siang juga diperlukan walau hanya 15 menit saja.

Sebab, ketika kita kurang tidur, akan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Apa saja dampak buruk tersebut? Berikut diantaranya:

Baca juga: Kopi Bisa Mencegah Parkinson, Hoax Atau Fakta?

1. Menurunkan Fungsi Otak

Tidur tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh saja, tapi juga otak. Oleh karenanya kurang tidur bisa berdampak buruk bagi otak, salah satu adalah menurunkan kinerja otak. Penurunan kognitif ini memang tidak langsung dirasakan. Tapi lambat laun kita akan mengalami kelambatan dalam berpikir.

2. Penuaan Dini

Penting juga untuk diketahui bahwa kurang tidur akan membuat sel-sel di dalam tubuh tidak bisa bereproduksi dengan baik. Akibatnya kulit akan kusam dan keriput sehingga penuaan dini tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu, jaga kualitas dan kuantitas tidur agar terhindar dari penuaan dini.

3. Mudah Sakit

Kurang tidur bisa menyebabkan sistem imun tubuh menurun. Akibatnya, tubuh kita akan menjadi mudah sakit karena tidak bisa melawan bakteri atau virus yang masuk. Selain itu, kurang tidur juga tidak bisa membuat tubuh mengeluarkan racun sehingga kemungkinan infeksi atau peradangan akan semakin tinggi.

4. Menderita Penyakit Serius

Dari berbagai kasus terjadi menyebutkan jika seseorang yang kurang tidur akan mengalami penyakit serius, seperti diabetes, jantung, stroke, bahkan darah tinggi. Ini adalah fakta yang terjadi. Maka sebaiknya kita tetap menjaga waktu tidur agar terhindar dari berbagai masalah serius tersebut.

5. Meningkatkan Depresi

Dampak buruk dari kurang tidur adalah meningkatkan depresi. Sebab, otak butuh istirahat setelah seharian penuh bekerja. Ketika tidak mendapatkan istirahat yang cukup, maka otak akan menjadi sangat lelah sehingga depresi tidak bisa dihindari.

Itulah beberapa dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan yang harus kita waspadai. Jadi, perbaiki kualitas dan kuantitas tidur agar tubuh senantiasa sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel