4 Oleh-Oleh Khas Bali yang Tidak Ada Duanya di Tempat Lain


Jalan-jalan ke suatu tempat memang kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh. Sebab selain sebagai rasa kasih kepada keluarga dan teman, oleh-oleh juga bisa dijadikan barang bukti bahwa kita telah berkunjung ke suatu tempat. Benar begitu?

Lantas, bicara mengenai oleh-oleh, di manapun tempatnya pasti memiliki oleh-oleh yang nyaris sama, mulai dari pakaian, souvenir, mani-manik, dan sebagainya. Hanya saja, yang membedakan adalah motif serta coraknya. Salah satu tempat yang memiliki oleh-oleh khas adalah Bali.

Pulau Seribu Pura ini memang sangat terkenal akan keseniannya. Bahkan ada yang mengatakan jika sebagian besar orang Bali memiliki jiwa seni yang dibawa sejak lahir. Sehingga tak heran kalau oleh-oleh di sana juga cukup bervarian, baik dari corak, motif, hingga warnanya.

Nah, apa saja oleh-oleh khas Bali yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke sana? Berikut diantaranya:

Baca juga: 6 Makanan Khas Bali yang Nikmatnya Bikin Ketagihan

1. Pie Susu

pie susu bali
Photo: makanajib
Salah satu jenis oleh-oleh yang paling populer di Bali adalah pie susu. Oleh-oleh makanan khas Bali ini adalah jajanan manis yang diracik dengan resep khusus dari Bali. Bentuk dan teksturnya memang hampir sama dengan pie pada umumnya. Tapi urusan rasa, pie susu Bali sangat khas dan tidak sembarang orang bisa membuatnya. Kabar punya kabar, pie susu sudah ada sejak tahun 1989.

2. Kopi Kintamani

kopi kintamani bali
Photo: pexels
Bagi penikmat kopi, berbahagialah karena ada kabar gembira. Bali tidak hanya terkenal dengan makanannya saja, tapi juga ada kopi khas Bali yang bernama kopi Kintamani. Kopi Kintamani memiliki cita rasa yang khas. Biji kopinya berasal dari biji kopi terbaik di pegunungan Kintamani sehingga rasanya cukup membuat ketagihan. Maka tak heran kalau banyak yang menjual kopi Kintamani di luar Bali.

3. Perak Celuk

perak celuk bali
Photo: baliluwih
Perak Celuk adalah oleh-oleh yang tidak akan kita temukan selain di Bali. Bahkan tidak semua wilayah di Bali menjualnya. Sebab, perak Celuk berasal dari desa Celuk yang berada di Gianyar. Saat berkunjung ke desa Celuk, kita bisa menemukan berbagai macam aksesoris dan kerajinan tagan yang terbuat dari perak. Untuk harga, memang sedikit mahal karena bernilai seni tinggi.


4. Aksesoris Motif Leak

leak bali

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Leak, bukan? Ya, Leak adalah salah satu cerita mistis di Bali. Leak hanya ada di Bali. Oleh karenanya, setiap kali kita pergi ke Bali, kita akan melihat berbagai macam aksesoris motif leak. Jadi oleh-oleh khas Bali yang satu ini merupakan simbol dan bukti bahwa kita sudah datang ke Pulau Dewata.

Itulah beberapa aksesoris khas Bali yang wajib kita bungkus ketika berkunjung ke sana. Selamat belanja!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel